Minggu, 27 Maret 2016

Prak 04 – Camera Depth, Multi Pass Render, dan Compositing using AE

1.  Tujuan

Pada praktikum ini, mahasiswa diajak untuk ngincip dikit tentang Compositing menggunakan After Effects. Dimulai dengan Render Setting di C4D kemudian dilanjut pada kegiatan compositing di AE.

2.  Alat

Maxon Cinema 4D R16
Adobe After Effects CC 2015

3.  Bahan



4.  Dasar Teori

1.   Jelaskan yang dimaksud dengan Camera Depth!
2.   Jelaskan yang dimaksud dengan Multi Pass Rendering!
3.   Jelaskan yang dimaksud dengan DOF!
4.   Jelaskan yang dimaksud dengan Compositing

Camera Depth
       Rentang lebar sebuah area yang bisa ditangkap oleh kamera.

Multi Pass Rendering
      Multipass render adalah teknik yang banyak digunakan dalam industri CGI profesional, dan telah menjadi lebih dan lebih umum digunakan dalam komunitas grafis umum. Multipass render memiliki banyak keunggulan dibandingkan single pass rendering, yang memungkinkan lebih banyak kontrol atas setiap elemen dari adegan, kontrol yang lebih baik atas tampilan akhir adegan, dan membuat tweaker dan menyesuaikan gambar akhir atau animasi lebih mudah dan lebih sedikit waktu mengkonsumsi rendering adegan sekaligus dan harus kembali membuat seluruh menyesuaikan rincian kecil atau melakukan perubahan.

Depth of Field
     Dalam optik , terutama yang berkaitan dengan film dan fotografi, depth of field (DOF), juga disebut rentang fokus atau rentang fokus yang efektif, adalah jarak antara benda terdekat dan terjauh dalam sebuah adegan yang muncul diterima tajam dalam foto. Meskipun lensa justru bisa fokus hanya pada satu jarak pada suatu waktu, penurunan ketajaman bertahap pada setiap sisi jarak fokus, sehingga dalam DOF, unsharpness ini tak terlihat di bawah kondisi tampilan normal.

     Compositing
     Compositing adalah kombinasi dari unsur-unsur visual dari sumber terpisah menjadi gambar tunggal, sering untuk menciptakan ilusi bahwa semua elemen adalah bagian dari adegan yang sama. Penembakan live-action untuk compositing adalah berbagai disebut "chroma key", "blue screen", "layar hijau" dan nama lain. Saat ini, kebanyakan, meskipun tidak semua, compositing dicapai melalui manipulasi gambar digital. Teknik compositing pra-digital, bagaimanapun, kembali sejauh film trik Georges Méliès pada akhir abad ke-19, dan beberapa masih digunakan.

5.  Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:

1.   Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth
2.   Import masing-masing image sequences ke AE.
3.   Implementasi DOF di AE menggunakan effect Camera Lens Blur

6.  Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
1.   Setting Camera DOF di C4D



2.   Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth


3.   Import masing-masing image sequences ke AE

4.   Implementasi DOF di AE menggunakan Camera Lens Blur


7.  Hasil Praktikum


8.  Kesimpulan

Kesimpulan yang saya dapatkan pada praktikum ini adalah logo favorit yang saya buat semakin terlihat menarik dan saya sendiri lebih paham cara dasar membuat animasi 3D. Kesulitan yang saya rasakan adalah saya bingung mengimplementasikan dan menyamakan logo saya sendiri dengan logo yang dicontohkan. Tetapi saya tetap berusaha untuk menyelesaikannya. 

9.  Referensi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar