Senin, 21 Maret 2016

Prak 03 – Secondary Assets, Logo Movement, F-Curves

1. Tujuan

Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.

2. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16

3. Bahan

  1. asset sekunder download
4. Dasar Teori
Pertanyaan :
  1. Jelaskan fungsi secondary Assets
  2. Jelaskan fungsi F-Curves
Jawab :

Secondary Assets

            Teknik ini berfungsi untuk menambah object baru yaitu object kedua disamping object utama yang telah kita animasikan sebelumnya. Sebagai penghias dan juga peramai object kita. Kita bisa membuat animasi secondary Assets dengan cara menambakan helix path dan juga cloner. Helix path berrfungsi untuk membuat object kedua kita mengikuti putaran sesuai dengan arah helix tersebut. dan pada cloner kita dapat mengkontrol object kedua kita ingin berapa banyak dan bagaimana bentuknya.

Fungsi F-Curves

            F-Curve Editor ini memungkinkan untuk mengontrol animasi pada hampir semua elemen, termasuk material dan parameter world dengan mengontrol curva animasi. Key frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve Editor. Titik pada F-Curve Editor merupakan key frame. Sumbu X pada F-Curve Editor mewakili key frame, sedangkan yang diwakili oleh sumbu Y bergantung pada parameter yang dianimasikan.

5. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
  1. Tambahkan secondary Assets
  2. Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
  3. Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves
6. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum

Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path


Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)






Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves



7. Hasil Praktikum 





8. Kesimpulan

            Kesimpulan yang saya dapatkan pada praktikum ini adalah logo favorit yang saya buat semakin terlihat menarik dan saya sendiri lebih paham cara dasar membuat animasi 3D. Kesulitan yang saya rasakan saat membuat logo ini adalah pada aat saat mengatur secondary assets dan helix. Tetapi setelah saya coba berulang-ulang akhirnya saya bisa menyelesaikan tugas ini dengan beberapa kekurangan.

9. Referensi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar