1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang
elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path,
Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting
menggunakan Physical Sky dan Area Light.
2. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler
3. Bahan
4. Dasar Teori
Pertanyaan :
1. Jelaskan
perbedaan antara motion guide pada flash dengan camera path!
2. Jelaskan
perbedaan antara Physical Sky dan Area Light!
3. Jelaskan
yang dimaksud material dan beri contoh penggunaannya!
Jawab :
Perbedaan antara motion guide pada
flash dengan camera path
Animasi motion guide
Animasi motion guide adalah animasi
yang mempunyai gerakan sesuai dengan jalur yang kita buat. Animasi ini
merupakan lanjutan dari animasi motion tween. Animasi ini sangat cocok
digunakan untuk jenis animasi yang membutuhkan ketelitian dalam pergerakan yang
dikehendaki atau sesuai keinginan pembuat animasi. Motion Guide berfungsi
sebagai penggaris agar gambar frame per frame dapat konsisten dan solid.
Animasi Camera Path
Untuk membuat animasi di blender
yang membutuhkan kamera untuk mengubah kecepatan saat bergerak sepanjang jalan
. Saya menggunakan Curve / jalan untuk jalan. Aku membutuhkan kamera untuk
bergerak pada kecepatan tertentu akan antara 2 tempat. Camera path berfungsi
sebagai path/jalur jalanya camera.
Perbedaan antara Physical Sky dan
Area Light
Physical Sky
Physical Sky bisa dikatakan sebagai
ambient/environment light dan background di software berbasis 3D, C4D.
Sedangkan Area Light adalah Lightning yang berupa null object 3D yang dapat
dipindah/dimanipulasi yang memancarkan cahaya. Berguna untuk memberi light pada
objek 3D dengan beberapa pilihan jenis light.
Area Light
Pada perintah Area Light ini kita
dapat menemukannya di ikon bergambar lampu. Area Light ini berfungsi untuk
memperbaiki pencahayaan pada object yang sedang kita buat. Namun bedanya dengan
physical light adalah pada area light ini kita fokus pada objectnya yang
dipengaruhi oleh area light ini. Kita dapat mengatur area light ini dari
depan object, atas object, dan juga bagian kiri dan kanan. efek dari area light
ini memberikan warna cerah pada object yang kita buat. kesan gelap terang.
Pengertian Material
Material adalah sebuah material yang
akan kita gunakan sebagai dasar untuk mewarnai object yang kita buat. dengan
material ini kita bisa memberikan detail yang spesifik pada object yang kita
buat. Material bisa disebut sebagai texture untuk objek 3D. Dapat
digunakan untuk memberi warna objek dan memberikan sifat-sifat material seperti
Glow, Diffuse, Reflection, Illumination, Color, dsb.
Contoh penggunaan dari material ini
dapat dilihat pada halaman Praktikum 2 – Camera Path, Lighting, and
Material pada langkah keempat: Menambahkan Material
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah
kalian buat sebelumnya, tambahkan:
1. Pergerakan kamera menggunakan
teknik camera path
2. Lighting sederhana dan mudah
menggunakan Physical Sky dan Area Light
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang
bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
1. Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi
disebut dengan spline.
2. Menambahkan
Lighting menggunakan Physical Sky
3. Menambahkan
Lighting menggunakan Area Light
4. Menambahkan
Material
7. Hasil Praktikum
8. Kesimpulan
Dari praktikum ini, saya bisa mencoba
mengganti warna-warna, karena logo saya berbeda jadi saya bingung mau mengawali
dengan bagaimana. Tetapi setelah saya mencoba semua step dan memutar-mutarnya
akhirnya logo Batwomen saya jadi. Dalam praktek ini saya harus berajar lagi
agar bisa menggunakannya dengan maksimal.
9. Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar