Kamis, 10 Maret 2016

Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material

1. Tujuan

Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.

2. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler

3. Bahan

4. Dasar Teori

Pertanyaan :

    1. Jelaskan perbedaan antara motion guide pada flash dengan camera path!
    2. Jelaskan perbedaan antara Physical Sky dan Area Light!
    3. Jelaskan yang dimaksud material dan beri contoh penggunaannya!

Jawab :

Perbedaan antara motion guide pada flash dengan camera path

Animasi motion guide 

Animasi motion guide adalah animasi yang mempunyai gerakan sesuai dengan jalur yang kita buat. Animasi ini merupakan lanjutan dari animasi motion tween. Animasi ini sangat cocok digunakan untuk jenis animasi yang membutuhkan ketelitian dalam pergerakan yang dikehendaki atau sesuai keinginan pembuat animasi. Motion Guide berfungsi sebagai penggaris agar gambar frame per frame dapat konsisten dan solid.

Animasi Camera Path

Untuk membuat animasi di blender yang membutuhkan kamera untuk mengubah kecepatan saat bergerak sepanjang jalan . Saya menggunakan Curve / jalan untuk jalan. Aku membutuhkan kamera untuk bergerak pada kecepatan tertentu akan antara 2 tempat. Camera path berfungsi sebagai path/jalur jalanya camera.

Perbedaan antara Physical Sky dan Area Light

Physical Sky

Physical Sky bisa dikatakan sebagai ambient/environment light dan background di software berbasis 3D, C4D. Sedangkan Area Light adalah Lightning yang berupa null object 3D yang dapat dipindah/dimanipulasi yang memancarkan cahaya. Berguna untuk memberi light pada objek 3D dengan beberapa pilihan jenis light.

Area Light

Pada perintah Area Light ini kita dapat menemukannya di ikon bergambar lampu. Area Light ini berfungsi untuk memperbaiki pencahayaan pada object yang sedang kita buat. Namun bedanya dengan physical light adalah pada area light ini kita fokus pada objectnya yang dipengaruhi oleh area light ini. Kita dapat mengatur area light ini dari depan object, atas object, dan juga bagian kiri dan kanan. efek dari area light ini memberikan warna cerah pada object yang kita buat. kesan gelap terang.

Pengertian Material

Material adalah sebuah material yang akan kita gunakan sebagai dasar untuk mewarnai object yang kita buat. dengan material ini kita bisa memberikan detail yang spesifik pada object yang kita buat. Material bisa disebut sebagai texture untuk objek 3D. Dapat digunakan untuk memberi warna objek dan memberikan sifat-sifat material seperti Glow, Diffuse, Reflection, Illumination, Color, dsb. 
Contoh penggunaan dari material ini dapat dilihat pada halaman Praktikum 2 – Camera Path, Lighting, and Material pada langkah keempat: Menambahkan Material

5. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:

1. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light

6. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum

1. Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spline.


    
     2. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky


   
     3. Menambahkan Lighting menggunakan Area Light



      4. Menambahkan Material



7. Hasil Praktikum


8. Kesimpulan

Dari praktikum ini, saya bisa mencoba mengganti warna-warna, karena logo saya berbeda jadi saya bingung mau mengawali dengan bagaimana. Tetapi setelah saya mencoba semua step dan memutar-mutarnya akhirnya logo Batwomen saya jadi. Dalam praktek ini saya harus berajar lagi agar bisa menggunakannya dengan maksimal. 

9. Referensi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar