1. Tujuan
Dengan mengunakan Adobe Flash agar membuat saya lebih bisa, lebih mahir dan dapat membantu saya dalam pengerjaan tugas.
2. Dasar Teori
Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya
3. Tugas Praktikum
Identifikasi masing-masing bagian user interface berikut :
2. Dasar Teori
Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.
Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash.
Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama
'Macromedia' adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005
Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga
nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya
3. Tugas Praktikum
Identifikasi masing-masing bagian user interface berikut :
Tampilan Adobe Flash Professional CS5.5
1.
File tab
Berisi
nama file yang sedang dibuka.
2. Workspace
Switcher
Berfungsi
untuk mengganti layout tampilan flash secara keseluruhan (Animator, Classic,
Debug, Designer, Developer, Essentials, Small Screen dll)
3. Edit
Scene, Edit Symbol, Zoom
Icon-icon
ini berguna untuk mengatur scene, symbol dan untuk mengatur zoom
4. Tab
switcher untuk panel
Untuk
mengganti panel yang aktif antara panel properties dan panel library
5. Stage
Lembar
kerja pada saat membuat animasi. Berguna untuk memainkan object yang diberi
animasi, dalam stage ini kita bisa membuat gambar, teks ataupun video.
6. Tool
Bar
Kumpulan
panel-pnel yang berbentuk pallete
7. Properties
Panel
Panel
yang berisi properties dari obyek yang terakhir kali di-click, dan berisi info
secara detail objek yang kita sedang kerjakan.
8. Tool
Box
Kumpulan
panel yang berisi berbagai alat/tools, fungsi dari berbagai macam tool
berikut pada dasarnya sama dengan Adobe Photoshop, Corel Draw atau
sejenisnya.
9. Timeline
Berisi
layer, frame, dsb. Di sinilah kita bisa mengatur animasi yang kita buat dengan
menambahkan frame, dan layer.
----------------------
5. Kesimpulan
Dengan
menggunakan Adobe Flash saya semakin bisa menggunakannya, semakin mengerti dan
bermanfaat untuk pembelajaran saya.
6. Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar