Senin, 09 Mei 2016

Prak 09 – Membuat Aset Sekunder (Capsule)

1. Tujuan

Praktikum ini bertujuan untuk mengenal teknik 3D modeling yaitu Polygon Modeling.

2. Alat

Cinema 4D R16

3. Bahan

tanpa bahan

4. Dasar Teori

Pertanyaan
  1. Jelaskan yang dimaksud dengan Polygon Modeling!
  2. Jelaskan yang dimaksud dengan Subdivision Surface!
  3. Jelaskan tentang tool dalam Cinema 4D yang bernama “Smooth Shift”!
Jawab

Polygonal modeling merupakan teknik modeling 3ds max yang paling banyak digunakan. Hal ini karena teknik ini simple, mudah dipelajari, dan cepat dalam membuat sebuah model. Polygonal modeling disebut juga dengan sculpting (memahat) karena proses/hasil dari teknik ini menyerupai memahat atau pahatan. Teknik ini paling banyak digunakan oleh modeller karena relatif mudah, simple, cepat dalam pengerjaannya dan tidak membutuhkan resource komputer yang besar. Teknik polygonal modeling ini lazimnya adalah menggunakan obyek dasar pada standar primitives geometry dan kemudian dimodifikasi menjadi obyek yang diinginkan. Untuk memulai teknik ini obyek standar pada primitive geometry terlebih dahulu dikonversi menjadi editable mesh atau editable poly dan kemudian dengan memanipulasi atau editing pada vertex, edge, face, poly, border, atau element dapat digunakan untuk membuat model yang sangat kompleks sesuai kebutuhan dengan relatif cepat.




Subdivision Surface adalah jaring poligon permukaan yang dihasilkan dari basis jala melalui proses berulang yang menghaluskan mesh sambil meningkatkan densitas. permukaan halus yang kompleks dapat diturunkan dengan cara yang cukup dapat diprediksi dari jerat relatif sederhana. Contoh , membandingkan skema Doo - Sabin dan skema Catmull - Clark, menunjukkan bagaimana proses dasar dapat melanjutkan.



Tool dalam Cinema 4D yang bernama “Smooth Shift” digunakan untuk memperhalus path

5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan

6. Petunjuk Praktikum
Target Aset yang akan dibuat



Membuat bentuk polygon dasar



Memperhalus bentuk menggunakan subdivision surface




7. Hasil Praktikum







8. Kesimpulan
Praktikum kali ini mengajarkan untuk membuat aset sekunder (capsule) dengan menggunakan polygon dasar dan subdivision surface. Pada percobaan kali ini menggunakan beberapa shortkey. Saya kebingungan saat menggunakan shortkeynya, karena baru pertama kali menggunakan shortkey. Namun saya perhatikan lagi akhirnya saya mengerti. Praktikum kali ini berjalan lancar.

9. Referensi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar