1. Tujuan
Praktikum ini berisi tutorial project yang terdiri dari 5
pertemuan praktikum. Pada pertemuan ini, kegiatannya adalah pembuatan aset
utama yang terdiri dari 3D Text dan Capsule.
2. Alat
Adobe Illustrator CC
Cinema 4D R16
Cinema 4D R16
3. Bahan
tanpa bahan
4. Dasar Teori
Pertanyaan
- Jelaskan
yang dimaksud dengan NURBS modeling!
- Jelaskan
cara kerja Sweep di Cinema 4D!
- Jelaskan
yang dimaksud dengan bump map pada material setting!
Jawab
Jelaskan cara kerja Sweep di Cinema 4D
Sapuan NURBS adalah alat yang menggunakan dua objek, sebuah spline dan spline objek seperti lingkaran atau sisi N. Sapuan NURBS menggabungkan dua objek tersebut dan membuat mereka menjadi satu, dengan menggunakan spline objek untuk lebar dan bentuk keseluruhan, dan spline lain untuk menentukan panjang dan kurva.
Jelaskan yang dimaksud dengan bump map pada material setting
Bump map merupakan gambar hitam putih dari material yang kita gunakan. Bagian yang terang adalah adalah bagian yang timbul sedangkan bagian yang gelap akan masuk kedalam.
Jelaskan yang dimaksud dengan NURBS modeling
NURBS adalah teknik pemodelan yang digunakan paling banyak untuk pemodelan otomotif dan industri. Berbeda dengan geometri poligonal, kotak NURBS tidak memiliki wajah, tepi, atau simpul. Sebaliknya, NURBS model terdiri dari permukaan dibuat oleh permukaan halus. NURBS Curves diciptakan dengan alat yang bekerja sangat mirip dengan pen tool di MS cat atau Adobe Illustrator. Kurva digambar dalam ruang 3D, dan diedit dengan menggerakkan serangkaian yang disebut CV (kontrol simpul). Untuk model permukaan NURBS, artis menempatkan kurva di sepanjang kontur menonjol, dan perangkat lunak secara otomatis interpolates ruang yang diantaranya.
Jelaskan cara kerja Sweep di Cinema 4D
Sapuan NURBS adalah alat yang menggunakan dua objek, sebuah spline dan spline objek seperti lingkaran atau sisi N. Sapuan NURBS menggabungkan dua objek tersebut dan membuat mereka menjadi satu, dengan menggunakan spline objek untuk lebar dan bentuk keseluruhan, dan spline lain untuk menentukan panjang dan kurva.
Jelaskan yang dimaksud dengan bump map pada material setting
Bump map merupakan gambar hitam putih dari material yang kita gunakan. Bagian yang terang adalah adalah bagian yang timbul sedangkan bagian yang gelap akan masuk kedalam.
5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan
6. Petunjuk Praktikum
- Extrude
text kemudian menambahkan accent menggunakan Sweep NURBS
- Membuat
material yang bersifat Glossy
7. Hasil Praktikum
part 1
part 2
part 3
HASIL
8. Kesimpulan
Dengan adanya praktikum ini membuat saya mengerti bagaimana cara membuat sebuah text 3D. kesulitan yang saya alami ketika mengerjakan praktikum ini adalah ketika membuat textnya menjadi lebih tebal. Setelah saya coba perbaiki, alhamdulillah saya bisa menyelesaikannya hingga akhir.
9. Referensi
Lynda.com
– Motion Graphics Techniques: Creating a Sports Bumper
Cinema 4D | How to Make a Glossy/Glassy Material
http://enigmindtic.blogspot.co.id/2013/11/metode-modelling-3d.html
http://www.tutorialsekecap.blogspot.co.id/2015/05/tutorial-menggunakan-bump-dan.html
Cinema 4D | How to Make a Glossy/Glassy Material
http://enigmindtic.blogspot.co.id/2013/11/metode-modelling-3d.html
http://www.tutorialsekecap.blogspot.co.id/2015/05/tutorial-menggunakan-bump-dan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar